Senin, April 27, 2015

Ilmu Tanpa Amal, Bagaikan Pohon Tak Berbuah

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Berbahagialah bagi mereka yang cinta akan ilmu, karena ilmu merupakan lentera yang akan selalu menyinari kehidupan kita. Kita bisa mendapatkan apa yang ada di dunia ini maupun hal yang bersifat ukhrowi (akhirat) dengan ilmu. Karena ilmu merupakan perantara dari semua yang kita
butuhkan di dunia ini yang bersifat materi. Dengan ilmu, derajat kita bisa naik di mata Allah SWT dan pasti tentunya di mata manusia selaku ciptaan-Nya, juga dengan dilengkapi dengan Iman yang kuat kepada Alloh SWT. Karena berilmu saja tidak cukup tanpa diiringi dengan iman dan akidah yang kuat nan kokoh. Bahkan dalam Al-Qur'an surat al-Mujadilah, Allah SWT berfirman yang artinya:
“Allah akan meninggikan (mengangkat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Mujadilah: 11)
Allah SWT menjelaskan dengan sangat jelas dalam firman-Nya akan pentingnya ilmu tersebut. Rasullullah SAW pun memberikan arahan wajib kepada ummatnya untuk menuntut ilmu.

طلب العلم فريضة علي كل مسلم 
Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim” (HR Ibnu Majah)

Akan tetapi ketahuliah, tentunya ilmu itu akan sangat bermanfaat apabila diamalkan. Salah bentuk amalan tersebut bisa berbentuk dengan praktik atau perbuatan langsung ataupun dengan bentuk tulisan. Sesuai dengan salah satu mahfudzot (kata mutiara bahasa Arab) yang pernah saya dapati dahulu;

الْعِلْمُ بِلَا عَمَلٍ كَالشَّجَرِ بِلَا ثَمَرٍ
ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon yang tak berbuah 
Itulah sebuah perumpamaan ilmu yang digambarkan dalam mahfduzot tersebut. Dari itu, saya selaku pribadi tergerak untuk mengamalkan mahfudzot tersebut, dan salah satu bentuk implikasinya yaitu dengan berbagi ilmu dengan bentuk tulisan yang cukup sederhana. Semoga ilmu-ilmu yang disampaikan dalam bentuk tulisan yang sederhana ini bisa bermanfaat kelak bagi diri saya pribadi maupun teman-teman selaku pembaca semua. Aamiin. 

12 komentar:

  1. mantap sangat bermanfaat bagi saya dan teman saya dan juga keluarga saya dan juga keluarga temna saya, dan keluarga yang lain yang baca artikel ini, dan orang lain yang sangat memebutuhkan artikel ini, dan orang-orang yang menginginkan ilmu yang harus dicari.

    BalasHapus
  2. terima kasih ...
    sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  3. Maksih sangat membantu kutipan ini.
    Semogah berkab buat kita yg tergolang orang2 yang berilmu betapa berkahnya ilmu buat org yg beriman...
    Trimaksih sukses slalu

    BalasHapus
  4. Inget zaman mondok baca ginian. Waktu masih duduk di bangku kelas satu MTs

    BalasHapus
  5. Terima kasih ,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Syukron insya allah bermanfaat

    BalasHapus
  7. Terima kasih. dengan ini saya tahu mana yang beemanfaat. maju terus buat artikelnya min.

    BalasHapus